Kreatif di Sekolah

KOMPETENSI KEAHLIAN KREATIF DI SMK NEGERI 1 DLANGGU

Kreatif merupakan sebuah nalar manusia yang tercipta secara naluriah dan tercipta dengan keadaaan yang berbeda-beda, namun hal itu tidak membatasi terciptanya sebuah karya seperti yang ada di lingkungan SMK Negeri 1 Dlanggu. 

 

SMK Negeri 1 Dlanggu merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Wilayah Kabupaten Mojokerto, di SMK tersebut mempunyai Kompetensi Keahlian yang cukup lengkap antara lain Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, Perhotelan, Tata Boga dan Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi.

 

Kompetensi Keahlian di Sekolah ini menuntut peserta didik untuk terus mengembangkan kreativitas. Tidak hanya di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi, namun di bidang Kuliner pun membutuhkan penalaran kreatif. Kreativitas menjadi keharusan bagi mereka yang memilih Kompetensi Keahlian Multimedia, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Tata Boga. 

 

Namun, apa sebenarnya tujuan dari berpikir kreatif? Dalam hal ini para peserta didik di kompetensi keahlian yang disebutkan diatas membutuhkan kreativitas untuk dapat menciptakan sebuah karya yang tidak terpikirkan sebelumnya atau merekayasa kembali karya yang telah ada. 

 

Kegiatan menciptakan Karya baru itu disebut Inovasi, dalam Inovasi ide dan gagasan adalah suatu hal yang wajib ada saat ingin membuat karya baru. Ide dan gagasan ini dapat terbentuk dari segala arah. Tak hanya melalui pemikiran singkat saja, namun ide tersebut perlu untuk ditulis dan diimplementasikan agar tidak terlewat begitu saja.

 

Orang yang menciptakan sebuah gagasan inovasi disebut inovator. Mereka bekerja dalam bidang kreatif tak terlepas dari kapan ataupun dimana tempat waktu bekerjanya. Mereka dituntut untuk dapat terus mengembangkan ide baru. Dan pada jurusan di SMK Negeri 1 Dlanggu, khususnya Multimedia. Peserta Didik harus menuangkan ide dan kreativitas mereka pada hasil kerjanya dan itu akan menciptakan value atau ciri khas tersendiri.