Kreatif di Lingkungan Sekitar

KREATIVITAS WARGA DALAM MEMERIAHKAN PERINGATAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Kemerdekaan merupakan suatu hal yang sangat dinantikan oleh setiap warga negara yang ingin kehidupannya bebas dan tidak terkekang oleh suatu hierarki yang memaksakan kehendak suatu golongan tertentu. Hal ini juga dirasakan oleh Rakyat Indonesia pada Masa Lampau. 

 

Setelah terjadinya Proklamasi pada 17 Agustus 1945 oleh Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Moh. Hatta, Kemerdekaan dan Kebebasan dirasakan oleh Rakyat Indonesia dari Jajahan Negeri Kincir Angin dan Negeri Sakura yang telah dirasakan lebih dari 350 Tahun. Untuk Memperingati Hari Bahagia itu, maka Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Proklamasi Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Biasanya untuk memeriahkan Hari Peringatan tersebut, Masyarakat Indonesia akan menggelar berbagai acara positif seperti Malam Tasyakuran, Perlombaan hingga Upacara Peringatan.

 

Perlombaan merupakan ciri khas dari acara peringatan yang ada di Indonesia, terdapat beberapa lomba yang sudah turun-menurun dilakukan misalnya Lomba Balap Karung, Makan Kerupuk dan lain sebagainya. Terkadang, Pemerintah Desa juga mengadakan perlombaan menghias lingkungan sekitar dengan tema kemerdekaan. 

 

Lomba Menghias Lingkungan inilah yang membutuhkan Kreativitas dan Kerja Sama antar warga untuk dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Biasanya, penilaian yang dilakukan itu diambil dari kriteria seperti Kebersihan, Orisinalitas Ide, dan Kreativitas dari masing-masing kelompok warga.

 

Kreativitas Warga ini biasanya dikeluarkan saat melakukan pembuatan hiasan, contohnya saat pembuatan hiasan gapura kemerdekaan, menggambar karikatur di jalanan dan lainnya.